Wakaf Air
Pengadaan Sarana Air Bersih

Rp 9.879.487terkumpul
I H N 136+

Sebagaimana hadits berikut ini dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah  bersabda, “Siapa yang menggali sumur air (minum), maka setiap makhluk bernyawa, baik itu jin, manusia atau burung yang minum di situ, maka penggalinya akan mendapatkan pahala dari Allah di hari kiamat.” (HR. Ibnu Khuzaimah, Ahmad dan Al-Bazzar).



Air bersih adalah hak kehidupan, tetapi sayangnya, realitas di Indonesia menggambarkan ketidaksetaraan yang mencolok.

Menurut data dari kompas.com, hanya 20% dari penduduk Indonesia yang masih membuang air besar sembarangan (BABS) karena kekurangan air bersih.

Pembangunan Sarana Air Bersih (PSAB) adalah program wakaf air dengan pembangunan sumur/sejenisnya untuk menghasilkan air yang layak pakai untuk beribadah dan kehidupan sehari-hari yang dilaksanakan di desa-desa yang sulit mengakses air bersih.

Program ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang layak pakai dan mudah dijangkau, menghindari berbagai macam kemungkinan penyakit kulit yang disebabkan oleh air yang kotor, memakmurkan warga (penerima manfaat) dan meningkatkan kualitas kesehatan dan kebersihan.

Masyarakat Indonesia, terutama di daerah kering, menghadapi tantangan serius dalam memperoleh air bersih.

Terlepas dari pentingnya air bersih dalam mencegah penyakit menular, kenyataannya adalah bahwa banyak saudara-saudara kita yang berada di daerah-daerah, sulit mendapatkan air bersih.

Saat ini Rumah Bintang sedang menjalankan Program Wakaf Air Spesial 3 dusun yang mana ini menjadi dusun ke 8,9 dan 10 yang mendapatkan pengadaan sarana air bersih.

Terbayang nggak, jika suatu hari nanti, terbangun sumur bor yang mendatangkan banyak manfaat. Setiap hari sumurnya akan dipakai oleh ratusan warga, untuk mencuci, mandi, bahkan berwudhu. Manfaatnya tak pernah putus sehari pun.

Terbayang berapa besar pahala yang didapat oleh mereka yang telah membantu pembangunan sumur? Subhanallah.. memang betul yang dikatakan Rasulullah   :

Saad bin Ubadah radhiyallahu 'anhu. bertanya kepada Rasulullah “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Memberi air ( sedekah air ).” (Shahih Abu Daud).

 

Sahabat bisa dukung program Wakaf Sumur Air Bersih dengan cara :

 

 

 

Orang Baik27 hari yang lalu
Donasi Rp 54.723
Orang Baik28 hari yang lalu
Donasi Rp 51.981
Semoga bisa membantu,, Aaamin 🙏
Orang Baik1 bulan yang lalu
Donasi Rp 76.487
Markus Kurniawan1 bulan yang lalu
Donasi Rp 205.619
Orang Baik1 bulan yang lalu
Donasi Rp 52.019

Yuk bantu saudara-saudara kita untuk bisa dapat akses air bersih juga!

Wakaf Air – Pengadaan Sarana Air Bersih (PSAB)